Pengabdian Pada Masyarakat Pelatihan Pengelolaan Sampah Jadi Produktif dan Bernilai Ekonomi Dengan Bank Sampah Digital Di kota Serang

Diposting pada

Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Untirta melakukan Pelatihan Pengelolaan Sampah pada hari Sabtu (14/8) di lingkungan Taman Wijaya Permai, Taktakan, Kota Serang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu Program Pengabdian Masyarakat dari Prodi Magister Manajemen Untirta yang bekerja sama dengan Bank Sampah Digital dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada warga sekitar terkait dengan pengelolaan sampah agar menjadi produktif dan bernilai Ekonomi. Acara berlangsung dengan di hadiri oleh Bapak Agus David Ramdansyah, Ph. D selaku Ketua Prodi MM Untirta, dan Ibu Dr. Liza Mumtazah Darmawan selaku Sekretaris Prodi MM Untirta, panitia serta beberapa pengurus RT dan RW setempat dan juga warga disekitar Taman Wijaya Permai. Pelatihan tersebut berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga tetap menjaga jarak.

 

Bank Sampah Digital dalam hal ini memberikan edukasi kepada warga terkait bagaimana memilah sampah sesuai dengan jenis sampah tersebut. Dimana sampah rumah tangga yang biasanya tidak bernilai dan langsung dibuang sembarangan mampu menghasilkan nilai ketika warga dengan secara sadar mampu mengelola sampah dengan baik. Bank sampah digital dalam hal ini mengajak warga sekitar menjadi nasabah bank sampah digital dengan memberikan buku tabungan Bank Sampah dan juga karung sebagai fasilitas untuk menunjang pengelolaan sampah warga di Taman Wijaya Permai.

 

Harapan setelah diadakannya pelatihan pengelolaan sampah oleh Prodi Magister Manajemen Untirta yang bekerja sama dengan Bank Sampah Digital ini tentu agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat  terhadap pengelolaan sampah rumah tangga dan mangajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan memilah sampah sesuai jenis. Kerjasama dengan pihak Bank Sampah Digital juga diharapkan mampu diperluas di beberapa wilayah lain di kota Serang, sehingga dapat menjadi solusi atas permasalahan sampah yang terjadi di Kota Serang saat ini.