Prodi MM Untirta berkolaborasi dengan PT. Adhi Karya dalam Berbagi Pengetahuan

Diposting pada

Sabtu , 11 September 2021

Dalam rangka Dies Natalis Untirta ke 40, Prodi Magister Manajemen Untirta menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema Strategi dan Aplikasi Business Model Canvas (BMC) via Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dan kurang lebih diikuti 120 peserta civitas akademika magister manajemen mulai dari mahasiswa dan juga dosen.

Di awali dengan opening speech oleh Dr. Aan Asphianto selaku Direktur Pascasarjana Untirta. Kemudian di lanjutkan dengan materi utama yang di berikan oleh pembicara dalam kuliah tamu ini yaitu Drs. Entus Asnawi Mukhson, MM selaku Direktur Utama PT Adhi Karya dengan dipandu oleh Dr.Fauzi Sanusi, dosen Prodi Magister Manajemen Untirta.

Dalam pemaparannya, disampaikan bahwa Business Model Canvas (BMC) merupakan salah satu strategi manajemen yang dapat membantu suatu bisnis untuk menggambarkan, merancang, dan menganalisis model bisnis. Inovasi bisnis dalam hal ini merupakan bagian terpenting demi keberlangsungan suatu usaha. Terdapat 9 elemen bisnis model canvas diantaranya segementasi pasar, value propositions, channels, customer relation, dll. Seluruh audiens terlihat sangat antusias, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyan-pertanyaan yang disampaikan.

Acara berlangsung lancar dan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara dan juga moderator oleh kaprodi MM Untirta, Agus David Ramdansyah, Ph.D. Menurutnya, bisnis harus berbasis pengetahuan, dengan demikian dari acara tersebut ia berharap dapat memberikan perspektif baru dan menjadi bekal bagi para mahasiswa yang berminat menekuni bisnis.

Kuliah Tamu ini adalah program kerja Prodi MM Untirta dimana pematerinya adalah para praktisi professional di bidangnya dan sebagai perwujudan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Mendikbud